Total Tayangan Halaman

Sabtu, 18 April 2020

TEKNIK DESAIN VISUAL AGAR TELIHAT ELEGAN DAN MODERN

TEKNIK DESAIN VISUAL AGAR TELIHAT  ELEGAN DAN MODERN

Ada 10 teknik desain yang harus diketahui agar terlihat modern yaitu ;
1. Warna harus ceria
WARNA cerah sangat menentukan desain gambar dalam desain seseorang, karena menjadi pusat perhatian orang-orang dalam melihat sesuatu benda mati/hidup, agar mata mereka untuk tidak berkedip saat menatapnya. Pastinya hidup pun akan lebih semangat ketika bersanding dengan warna-warna ceria tersebut. Beberapa brand yang sudah mulai memperlihatkan kejutan warna-warni ceria ini antara lain Apple, Samsung, dan Spotify.


2. Effect shiny (efek mengkilat)
Penggunaan efek mengkilat pada merek dan desain produk akan memberi kesan mewah/elegan. Secara umum, Para desainer saat ini kebanyakan menggunakan efek emas yang akan memberi kesan mewah, berkelas, dan berselera baik, Tetapi efek ini supaya hasilnya bagus permukaan nya harus pada permukaan dasar dof (gelap), agar efek mengkilatnya mendominasi.

Contoh pada permukaan gelap

3. Tipografi technic
Tipografi juga akan semakin trend dan menjadi perhatian dengan menambahkan motif bunga-bunga yang indah, bentuk-bentuk geometris, dan elemen-elemen yang lebih kreatif. Teknik semi transparansi dalam tipografi juga cukup trend di tahun 2020, nantinya kita akan melihat teknik semi transparansi dalam berbagai bentuk, berupa kata yang tumpang tindih satu sama lain, “tipografi ganda” dengan salinan kedua transparan, atau tipografi semi-transparan hanya di atas foto dan elemen-elemen lain dari komposisi desain.

Contoh motif bunga

4. Image masking technic
Menyembunyikan gambar dalam teks bukanlah teknik baru dalam dunia desain, tetapi di tahun 2020 teknik masking ini akan semakin trend. Teknik Masking Image adalah teknik menyisakan sebagian besar gambar di belakang teks yang tidak terlihat, ini akan menciptakan tampilan desain yang misterius dan minimalis.

Contoh pemandangan yang telah diminimalis menjadi sebuah huruf

5. Line Art Technic
Line Art atau Seni garis adalah gaya ilustrasi skematis dan disederhanakan. Line Art sendiri sebenarnya sudah cukup trend di tahun 2018 dan 2019, tetapi Line Art akan terus berkembang menjadi pola dan desain garis seni yang penuh ilustrasi dan animasi. Nantinya akan sangat bagus dalam menyampaikan konsep dan ide, desain line art akan terlihat bersih, elegan, dan tidak mencolok.

Contoh foto yang telah di masking menjadi line art

6. Collages of Drawing (Tekhnik kolase)
Foto kolase adalah teknik menempel berbagai macam foto dalam sebuah kanvas, frame, kertas sehingga menjadi karya seni baru yang menarik. Teknik mencoret-coret yang menciptakan sebuah gambar juga menjadi trend yang menyenangkan dalam dunia ilustrasi.

Contoh corat coret gambar dalam bentuk bunga

7. Teknik ilustrasi 3D pada permukaan 2D
pada tahun 2020, trend objek bergerak akan semakin disukai. Desain grafis isometrik akan berkembang menjadi solusi visual yang sepenuhnya animasi dan sangat menarik. Menjadikan objek 3 Dimensi pada permukaan 2 Dimensi akan menjadi lebih nyata dari sebelumnya.

Contoh objek 3D pada permukaan 2D

8. lIQUIDS (CAIRAN)
Desain yang menyerupai cairan menunjukkan kreativitas, ketangkasan, dan gerakan. Sangat berbeda dengan betuk geometris yang memiliki tepi dan kurva yang desainnya benar-benar kaku. Liquids dapat memberikan tampilan yang halus dan lembut yang mampu diciptakan oleh banyak desainer, yang akan menjadi trend desain grafis 2020. Liquids sering dikombinasikan dengan efek lain, seperti semi-transparansi, warna-warna cerah dan gradien warna, animasi, dll.

Contoh coretan liquid semitransparan warna pink dan kuning

9. Isometric Ilustration (ilusi isometric)
Ilustrasi Isometrik sebenarnya sudah trend selama bertahun-tahun, dari tahun ke tahun Ilustrasi Isometric telah banyak bertransformasi. Ilustrasi Isometric banyak digunakan untuk desain infografis, desain web, dan desain presentasi. Karna kemampuan menggambar objek 2 menjadi objek 3 dimensi teknik Ilustrasi Isometrik sampai saat ini masih sangat disukai.
Contoh huruf yang di isometric menjadi beberapa dimensi

10. Gradient technic
Gradien adalah salah satu hal favorit para desainer grafis untuk ditambahkan ke proyek desain apa pun demi memberikan sentuhan lebih dalam. Plus, seperti beberapa tren desain grafis lainnya, tren ini terlihat luar biasa pada perangkat seluler. Dengan warna-warna cerah dan pola futuristik, mereka merasa betah dengan beberapa tren desain grafis terpopuker lainnya di tahun 2019. Namun, tahun ini akan menjadi tahun tumbuh bagi pola gradien dan bisa digunakan lebih dari sekedar latar belakang yang sederhana. Sama seperti tren baru, orang akan menemukan cara unik untuk menggunakannya seiring berjalannya waktu.

Contoh Gradient (Gabungan warna orange dan kuning)

Itulah 10 tekhnik desain yang wajib diketahui, maaf bila ada salah dalam penulisan artikel tersebut, sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar